Monday, August 5, 2013

Kefir info

Minuman yang dibuat dari susu fermentasi yang hampir mirip dengan yogurt adalah kefir dengan kata lain kefir dan yogurt adalah sama, namun yang membuat kefir berbeda dengan yogurt adalah kandungan ada pada kefir yang lebih lengkap dari pada yogurt.Kandungan yang ada pada kefir selain mikroorganismenya lebih lengkap juga terdapat ragi dan bakteri (backteri yang terkandung dalam kefir) dalam kefir menghasilkan biji-bijian atau disebut "grains kefir"
sedangkan kerafin adalah gel yang dihasilkan oleh kefir.
Biji bijian ini memiliki tekstur yang kenyal mirip jeli dan gumpalan mirip kembang kol dengan warna putih kekuningan yang bergerombol dan dapat dilihat perbedaannya dengan yoghurt.

Kandungan yang terdapat pada Kefir :

    Vitamin B1,  B2, B6, B12,
    Vitamin K, Vitamin A, Vitamin D,
    Kalsium, Zat Besi, Yodium, Kalium, Fosfor, Magnesium, Asam amino     dan Enzim,
    Juga mengandung Asam amino L-triptofan yang membantu tidur berkualitas.




Manfaat Untuk  Pencernaan
Kehadiran ragi dalam kefir memberikan probiotik minuman, juga dikenal sebagai bakteri baik. Bakteri yang baik bekerja untuk melawan bakteri jahat dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Kefir telah terbukti efektif terhadap masalah-masalah pencernaan seperti intoleransi laktosa, asam refluks, sindrom iritasi usus, diare, kolitis ulserativa dan penyakit Crohn (sejenis penyakit radang usus)

Probiotik
Kefir mengandung 10 strain probiotik. Probiotik seperti Lactobacillius lactis, Bifidobacterium Longum, dan Acidophilus Lactobacillus yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan langsung memperbaiki pencernaan. Lainnya, seperti Lactobacillus rhamnosus dan Lactobacillius Casei, bekerja untuk membatasi bakteri usus berbahaya dan melawan infeksi di usus. Dan masih banyak lagi strain dari bakteri baik yang tidak dituliskan di sini. Jumlah mikroflora kefir setelah diteliti terdapat sekitar 60 jenis bakteri, dan ragi.

ACID REFLUX
Surutnya asam terjadi ketika asam dalam perjalanannya dari lambung naik ke kerongkongan. Hal ini dapat dipicu oleh makanan tertentu, alkohol, kafein, stres, obesitas atau kehamilan. Karena kefir mendukung sistem pencernaan yang sehat, maka dapat bermanfaat bagi penderita Acid reflux. Para probiotik dalam kefir membantu keseimbangan saluran pencernaan, yang dapat mengurangi tekanan di perut dan mengurangi refluks asam ke kerongkongan.

VARIAN
Kefir dapat bervariasi tergantung pada jenis susu itu dibuat dan dalam rasa (varian kefir). Minuman susu umumnya terbuat dari susu sapi dan kambing atau susu domba. Kefir dapat dibeli di toko biasa rasa ‘plain’ dan rasa buah. Namun kefir terbaik adalah yang dibuat di rumah dan dipakai untuk penambahan makanan atau minuman lainnya sesuai selera.

sumber dari marinki org

No comments:

Post a Comment