Thursday, July 18, 2013

Cara Membuat Kefir dengan susu

Pembuatan susu kefir ini hanya membutuhkan waktu duapuluh menit saja (20m) dana pekerjaan ini akan menjadi tugas kita sehari hari untuk kebutuhan keluarga saja.

saya suka susu kefir yang difermentasi selama -+24jam (tergantung selera), namun sebenarnya susu kefir ini bisa siap dalam kurunwaktu 12 jam, dengan syarat temperatur atau suhu optimum fermentai antara 20-24 drajat celcius. (suhu hangat akan membantu fermentasi lebih cepat dibandingkan dengan suhu dingin), selain suhu jumlah dari bibit kefir / kefir grains juga menentukan waktu fermentasi susu kefir.

rasio atau perbandingan denga susu kira kira 100Gr : 2L atau 100gr bibit kefir / kefir garain berbanding denga dua liter susu kambing (CMIIW).

dengan proses yang benar bibit kefir / kefir grain akan tumbuh lebih banyak sehingga diharapkan kedepannya smua orang mempunya bibit kefir / kefir grain ini tanpa harus membeli (hidup sehat ga pake maha).

Berikut cara membuat susu kefir step by step :


Ambil susu kambing lalu hangatkan samapai dengan minimal sama dengan suhu ruangan. Catatan : pemanasan susu ini sifatnya hanya optional, dan dihangatkan samapi suhu 20 drajat celcius apabila diukur menggunakan termometer .
saya banyak membaca actikel lain  yang memanaskan susu yang lebih hangat namun memaksa fermentasi lebih cepat namun saya tidak melakukan itu.

Sekarang yang perlu kita siapkan adalah peralatan untuk kefir susunya antara lain wadah penampungan susu (jangan tebuat dari logam dan metal), saringan dan pengaduk / sendok (smua peralatan jangan sampai ada yang terbuat dari logam / metal karena akan membutuh bibit kefir / kefir grain stb)



berikut penampakan susu kefir yang difermentasi selama 24 jam
dimana yang berwarna bening disebut kefir bening

Buka tutup botol yang dari hasil fermentasi kefir selama 24 jam lalu aduk dengan sendok non logam dengan lembut, karena dengan pengadukan ini susu kefir ini akan lebih mudah untuk disaring.


Setelah pengadukan susu kefir dengan sendok non logam, angkat sendok tsb dan siapkan penyaring dan wadah untuk susu kefir





Sekarang tuangkan seluruh susu kefir hasil fermentasi kedalam saringan sampai yang tersisah hanya bibit kefir / kefir grain nya saja.

Cuci dengan bersih tempat fermentasi susu kefir dengan air mineral atau dengan air yang tidak mengandung klor, hal ini penting agar kita tidak mencemari atau membunuh mikroba bibit kefir / kefir grain yang akan ditaruh didalmnya kembali

Pastikan tempat tidak terlalu panas sewaktu pencucian usahakan membulat tempat kefir ini dengan air hangat sampai dingin baru tempat bisa digunakan kembali
Setelah penyaringan dilakukan kita akan melihat gumpalan bibit kefir / kefir grain yang creamnya masih banyak / tebal menempel pada bibit kefir / kefir grains .

aduk dengan lebut bibit kefir tsb lalu sedikit demi sedikit lakukan menyapu bagian bawah saringan dengan sendok tadi untuk memastikan cairan kental / cream tadi jatuh setelah disaring dan yang ditinggalkan hanya bibit kefir / kefir grain saja.

Pindahkan bibit kefir / kefir grains kedalam tempat yang telah dibilas tadi

Pada titik ini mulai menyendok butiran Kefir dan menempatkan mereka ke dalam gelas bersih di samping mangkuk. Berhati-hatilah untuk tidak menjatuhkan apapun di lantai atau di mana saja yang kotor. Jika Anda lakukan maka Anda akan harus bilas mereka butir dalam air yang mengandung klor NON. Sekarang tuangkan kembali tentang tentang 1/8th secangkir susu Kefir kembali ke dalam tabung kosong. Ini akan membantu proses fermentasi untuk batch berikutnya.










Isi kembali / tuangkan dengan susu yang sudah dihangatkan tadi (point 1) untuk melakukan fermentasi berikutnya dengan suhu ruangan / kamar.

bibit kefir / kefir grains akan mengapung bertanda bahwa bibit dalam keadaan baik.

Sekarang tutup kembali dan simpan sampai anda siap untuk kembali membuat susu kefir dan dengan berjalannya waktu bibit kefir / kefir grains ini akan berkembang biak jangan lupa untuk membagi bagikannya.













Lalu hasil penyaringan tadi kita aduk dengan lembut dan siap disajikan langsung dan rasakan khasiatnya.

4 comments: